Tryphophobia

Januari 03, 2014

Hai, kali ini saya mau bercerita sedikit tentang tryphophobia.  Fobia yang sejak dulu saya alami, dan baru kemarin saya tahu namanya

Sejak dulu, tepatnya SMP ketika saya menyadari saya takut,ngeri,mendadak merinding sampai ke ubun-ubun, pernah juga lemes karena melihat gambar yang berlubang, bulat-bulat tidak beraturan, bolong-bolong atau bentol-bentol yang menjijikan. Seingat saya, ketakutan dengan yang seperti itu saya sadari ketika saya mengamati buku biologi yang ada gambar penyakit kulitnya. Tak sampai disitu, saya pernah takut dengan sejadah di rumah karena bulat-bulat dan ketika saya perhatikan sangat menyeramkan. Tapi ketika saya pulang kemarin,saya udah nggak takut lagi dengan sajadah itu.

Saya kira, saya nggak takut lagi dengan lubang. Mungkin karena saya nggak pernah ngeliatnya.
Sampai di semester 1, saya pergi ke pusat buku bekas Sriwedari. Di perjalanan, saya melihat itu, aspal yang bentol-bentol dan berlubang yang tidak dapat saya jelaskan dengan detail seperti apa. Dan saya tidak tahu mengapa, tiba-tiba seluruh bulu ditangan saya berdiri bahkan mungkin bulu-bulu halus di wajah saya. Badan saya pun mendadak panas ketika saya sentuh. Saya kemudian
berjalan sangat cepat dan tidak melihat arah aspal.

Beberapa waktu kemudian masih di semester 1, saya kembali mengunjungi Sriwedari, dari awal mendekati jalan itu saya sudah mewanti-wanti diri  sendiri untuk tidak melihat kebawah. Saya berjalan cepat, namun sebuah sms masuk, memaksa saya melihat ke arah bawah dan ...... kejadian bulu kuduk berdiri,suhu tubuh naik dan degug jantung seirama lagu rock kembali. Saya tidak tahu,kenapa tubuh saya otomatis bereaksi seperti itu.

Saya juga nggak ngerti kenapa saya bisa takut lubang-lubang,bulat-bentol,timbul dkk. Saya juga nggak bisa mendeskripsikan lubang atau bulatan atau bentol apa yang saya takutkan. Untungnya saya nggak takut dengan huruf braille dan lubang-lubangnya, walau kadang suka geli dan untung saya nggak takut polkadot.

by the way, saya akhirnya tahu nama fobia saya ini -ini bukan hal membanggakan sih -.-- waktu kak Yoana Dianika ngetweet  tryphophobia, dia abis dikirimin gambar gitu dari temennya dan merinding. Penasaran dan emang lagi kurang kerjaan, saya googling deh. Cukup ketik  "tryphophobia adalah". Koneksi yang lambat membuat foto-foto belum terlihat dan pengertian yang ada cuma bisa dibaca sepotong-potong. Dan ketika gambar terlihat....
okey, saya merinding sampai ubun-ubun, lemas dan semua rencana mau nyari artikel apa aja di otak buyar. Plus deg-degan yang sembuhnya lama.  Aduh,gila dan parah banget lah.
Saya sendri nggak tahu gimana ngilanginnya. Kalau telephonobia mungkin bisa pelan-pelan dikurangi dengan ngomong di telpon sama keluarga -meski juaraaaang banget, la kalo ini gimana?

Kalo kamu penasaran apa itu
  cari aja di google, saya tentu tidak sudi meletakkannya disini. Kalau kamu merinding,degdegan abis liat gambarnya, mungkin kamu termasuk.


Okey, sekian saja.
Terimakasih untuk yang sudi membaca. Doakan saya sembuh dari segala fobia



OssyFirstan

You Might Also Like

2 komentar

  1. Halo mbak, nasib kita sama nih. Sy juga baru nyadar tnyt "derita" sy selama ini ada namanya wkwkwkwk. Paling ngeri tuh liat editan foto kulit manusia yg ada semacam parasitnya bolong2 gitu, hiiiihhh ampun deh...

    BalasHapus

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram