Tentang Makan saya di Kost semester ini

April 21, 2014

Saya anak kost, yang kalau sudah masuk kamar malas keluar,yang malas ganti celana pendek dengan yang lebih panjang. Intinya, ketika saya sudah sampai kamar saya ingin semua yang saya butuhkan nantinya ada di kamar.

Awal-awal kost semester 1, saya dan Yuni masih rajin. Rajin dalam arti habis magrib cari makan sampai agak jauh. Jalan kaki tentu saja. Tapi lama-lama kita merasa itu kegiatan yang membuang waktu. Misal saja, untuk membeli makan di warung pak kost yang jaraknya paling dekat. Perlu waktu paling cepat 30 menit. Kalau abis solat magrib kita kesana, pulang-pulang azan Isya. Alhasil,waktu 30 menit yang bisa dipake untuk ini itu terbuang,kadang laper udah hilang, makan terlalu malam buruk untuk lambung.

Jadi,sejak semester 3 awal,saya memutuskan masak. Dan masalah baru muncul. Apa yang mau saya masak? Toko sayur nggak ada, tukang sayur keliling mungkin ada tapi pas saya kuliah. Tapi akhirnya saya punya teman, namanya Opie yang berbaik hati seminggu sekali saya titipi sayur.Seperti tempe,bawang cabai,bayam,wortel,jagung,dkk. Dan kost saya nggak ada kulkas, jadi sayur yang saya beli,hanya cukup utk makan 3 hari.
Tapi saya selalu sedia telur.Penyelamat sekali makanan itu. Untungnya alergi telur ayam saya nggak ada lagi. Iya, dulu saya kecil alergi telur ayam dan cuma bisa makan telur bebek.Lama-lama resisten sendiri.
Garam saya awet,kadang menumis saya hanya pakai bawang cabai. Garam cuma untuk sayur bening, dan nasi goreng saya pakai bumbu instan selain bawang cabai. Lidah saya yang kadang nggak bisa tahu rasa enak atau tidak terima-terima saja. Nggak ada alasan,kadang kalau lagi masak saya malas ngambil garam. Telur pun nggak pernah saya kasih garam.

Saya beli sarden,tapi paling hanya 2 minggu sekali. Saya cuma makan mie di tanggal kelipatan 9. Well, mie katanya kurang sehat. Saya sarapan biskuit atau kalau sempet buat oat. Saya minum susu sesuka saya, minum teh sesekali, dan kopi itu pasti. Saya suka kopi hitam, tapi persediaan kopi saya habis. Saya beli kopi hitam random dan rasanya terlalu asam. Beli kopi instan, tapi sepertinya harus dikurangi karena kopi instan nggak bagus untuk kesehatan.

Saya membuat agar-agar seminggu satu atau dua kali, dengan gula yang tidak banyak karena saya harus menghemat gula, biar sehat juga. Saya beli jus buah sesekali. Beli buah di mamang lewat sesekali. Sebenernya saya ingin rutin makan buah tiap hari,cuma saya belum nemu toko buah dekat kost. Mungkin karena saya kost di area depan ya, jadi nggak terlalu banyak yang jualan. Coba area belakang,mungkin banyak.Tapi saya punya tante yang kadang mengirimi saya buah. Thanks a lot!

Saya jarang beli sayur matang di warung karena saya malas jalan,meski sesekali saya beli kalau ingin makanan lain.
Saya jajan di kampus kalau kuliah panjang. Soto bayem,nasi pecel,somay,atau roti.  Saya selalu bawa minum -tapi kadang ketinggalan -, karena tiap bawa air minum saya hemat 2000 untuk beli air putih kemasan atau es teh. Saya beli es krim kadang-kadang,

Saya rindu makan ikan laut disini. enggak tahu dimana saya bisa nemu seafood tanpa jauh-jauh dari kost dengan harga murah. Entah kenapa ikan disini berputar di ikan kakap,lele.
Saya ingin segera di rumah, dimana saya bisa makan cumi,udang,ikan laut dengan mudah.
Opie bilang,setelah lulus saya di Solo saja, saya rasa sepertinya saya tidak menginginkannya.
Saya ingin tempat dimana udang dan cumi lebih murah.

Okey,jadi itu makanan saya semester ini. Kadang saya ingin pola hidup sehat,katanya itu investasi kesehatan untuk beberapa tahun ke depan. Semoga makin hari saya makin banyak makan sayur dan buah.

Yasudah,malam dan selamat tidur

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram