Analogi Ngantri Soto Bu Meto

Januari 12, 2016

KBBI berkata bahwa analogi merupakan persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yg berlainan. Apa yang saya lakukan sejak kemarin adalah berpikir. Bukan biasanya saya enggak mikir, tapi mungkin lebih ke mengevaluasi diri. Menghibur diri, menyangkal segala denial. Yes, i know denial means ‘menyangkal’. Jadi saya menyangkal segala sangkalan-sangkalan. Enggak usah dipikir kalo enggak mau bingung.
Setelah kemarin saya menulis tentang memakan coklat pahit di dekat orang kelaparan dan orang makan udang enyak, sekarang pemikiran itu berkembang. Maaf kalo analogi saya berkisar tentang makanan. Padahal sebenernya ya, saya enggak terlalu suka makan. Lebih suka minum. Tapi enggak apa. dalam kasus ini, saya membicarakan skripsi. Tapi analogi ini saya pikir bisa diterapkan di kasus lain.
Lu laper. Lu lagi ngantri soto di kantin Bu Meto. Lu kesel si Ibu lama banget padahal lu udah laper banget. Lu makin kesel liat orang membawa mangkuk soto di depan lu. Lu nengok dan menemukan orang lagi mengunyah soto yang lu pengin. Lu merasa enggak sabar dan pengin nendang Bu Meto.
Cut. Kita potong sampai situ dulu.
Yap, itu yang saya rasakan. Enggak usah dijelasin karena nanti saya bisa-bisa balik ke tahap denial.
Sampai akhirnya...
Lu sadar kalo lu itu yang membutuhkan Bu Meto. Lu yang laper. Lu yang butuh makan. Bu Meto juga butuh uang, tapi kerjaan dia enggak cuma melayani lu doang. Lu sadar akan itu. Lu berusaha antri dan mencoba enggak mikirin orang yang cekikikan dengan soto mereka.
Sampai akhirnya lu nengok ke belakang. Melihat jejeran orang yang berbaris di belakang lu. Beberapa dari mereka mau makan soto juga. Sebagian lagi masih bingung mau makan soto apa nasi pecel. Sebagian lagi ngitung duit karena belum dikirim Papinya. Lu terdiam. Bahwa lu punya uang, lu udah di barisan deket etalasenya Bu Meto, dan Bu Meto udah bilang “Kosek to...” yang artinya bahwa lu disuruh sabar nunggu.Lu udah tahu lu mau makan soto. Dan pasti lu bakal dapat soto karena lu lihat bahan-bahannya masih banyak.
What’s the point?
Ada banyak poin yang saya dapet dari analogi kacangan saya. Seperti jangan terus-terusan lihat orang yang udah makan soto, tapi lihat juga yang enggak punya uang, yang ngantri di belakang, atau yang bingung mau makan apa. Semua lapar, semua butuh Bu Meto, tapi dia sibuk dan sebagai orang yang membutuhkannya, kita harus sabar menunggu sambil berdoa. Kita sudah berusaha dengan memesan makanan, dan dengan doa, kemungkinan besar pesanan kita cepat diantar. Dan bersyukur.

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram