Sudah kemana saja?

Desember 05, 2013

Saya punya impian,cita-cita, harapan dan apalah itu namanya untuk setidaknya pernah menginjak 1 kota saja di 1 pulau di Indonesia. Terlalu sederhana, terlalu berlebihan atau biasa saja?
Terserahlah, setiap orang punya pemikiran yang berbeda.
Sejauh ini, 19 tahun ini saya hanya berkutat di Sumatera lebih tepatnya tinggal di Lampung dan sejenak menetap di Surakarta untuk kuliah . Ada keinginan yang merasuk di otak saya bahwa sebaiknya saya tidak bekerja di Surakarta atau Kalianda dan sekitarnya. Saya ingin lingkungan baru, ya itu! Kadang saya berfikir, bisa tidak saya jadi guru pend. khusus yang bisa pindah-pindah provinsi,pulau seperti polisi atau TNI, setidaknya
itu  2 pekerjaan yang saya liat bisa mutasi keliling Indonesia. Atau seperti om saya yang kerja di dinas pariwisata dan jalan-jalan kemana-mana.
Baiklah saya akan menulis list kota atau provinsi yang pernah saya jejaki sejak bayi. Rencananya, saya akan menulis tempat-tempat wisata yang pernah saya kunjungi,semoga saja saya bisa menulisnya. Saya akan terus mengupdate jika saya bisa menjejaki tempat lain. Semoga saja

  •  Lampung. 
Baiklah ini saya tulis pertama karena saya lahir,besar,tumbuh, disini. Saya lahir di Lampung Selatan, menghabiskan sedikit masa kecil (mugkin 1 tahun di kota Metro) lalu kembali ke Lam-Sel dan sampai sekarang disanalah rumah saya. Untuk Lampung, Kab. yang sudah saya tapaki walau hanya beberapa tempat saja : Lam-Sel, Lam-Tim, Metro, BaLam- Pesawaran, lampung yang lain kayaknya lewat doang.
  • Jambi. 
Mengapa kota ini saya tulis kedua? Tentu karena perjalanan keluar Lampung pertama adalah kota ini. Ketika saya masih 2 tahunan. Kota kelahiran Papa saya. Tidak jauh dari pusat kota, rumah Papa saya di The Hok (kalo nggak salah nulis, bacanya sih tehok) . Akhir TK,Kelas 5 SD, 1 SMP dan akhir 2011 saya mengunjungi kota ini. Ada sebuah situs candi yang sudah 2 kali saya sambangi, keren! Oh ya, saya juga pernah ke kabupaten Bungo dan melihat anak-anak kubu!
  • Bukittinggi dan kota lain di Sumbar. 
Pertama kali saya ke kota dingin ini di usia 2tahun, jadi setelah ke Jambi Mama dan Papa saya melanjutkan trip ke asal kakek dan nenek dari Papa. Kelas 1 SMP saya kembali ke kota ini, kota yang indah dan sukses membuat saya gatal-gatal karena alergi dingin saya kambuh. Norak banget deh alergi ini! Banyak banget tempat keren disini, Papa.. ayo jalan-jalan kesini *))
  • Jakarta. 
Perjalanan pertama saya ke Jakarta di usia 5 tahun. Tetangga saya, sepasang suami istri dokter yang dulu bekerja di puskesmas dekat rumah mengajak saya dan mbah saya berjalan-jalan disini. Dr Fani dan Dr Candra namanya. Kelas 8 SMP, saya kembali ke Jakarta lewat jalan-jalan tahunan. Dan oh ya, tiap pulang saya melewati kota ini. Lewat doang...
  • Yogyakarta dan Jawa Tengah. 
Masih di usia 5 tahunan, ( ini usia saya aktif jalan-jalan nampaknya, Jakarta, Yogya dan Jambi) . Om saya menikah di Yogja dan saya bersama Papa dan seorang tetangga yang asli Yogya sebagai guide ke Yogya. Malioboro, Parangtritis, Prambanan dan Borobudur ( ini masuk Ja-Teng kan?) sepertinya tempat yang saja jajaki. Kelas 11 SMA, saya kembali kesini.
  •  Bogor. 
Waktu SMP. Hanya Kebun Raya Bogor, dan saya tidak puas!
  • Palembang. 
Haha, saya bingung ,"memangnya saya pernah ke Palembang bagian mana?" . Okey, perjalanan darat menuju Jambi -saya tidak pernah melakukan perjalanan lewat udara atau air menuju Jambi- terlebih mobil pribadi sudah pasti dari Lampung ke Jambi lewat Palembang. Lalu? Okey, perjalanan ke Jambi pernah sampai di Jembatan Ampera magrib, lalu turun liat-liat, foto-foto dan makan pempek dengan toko asli pilih (untungnya enak). Dan yang terakhir, sampai Ampera siang, turun ke bawah jembatannya, nyegat tukang pempek keliling dan makan sampe puas. Enak? Dalam kasus ini,ada harga ada rasa tapi lumayanlah...
  • Malang
Ini merupakan gabungan jalan-jalan SMA. Kota Batu dan sekitarnya adalah tempat yang saya dan teman-teman sambangi. Kebun Apel, Jatim Park, Alun-alun dan sebuah tempat jalan-jalan malam yang saya lupa namanya (payah)
  • Bandung.
 Ini hanya mengunjungi. Tidak ada maksud jalan-jalan. Ya, waktu itu saya dan Papa mencoba ikut tes yang akhirnya setelah pengumuman saya mengundurkan diri Hidup itu pilihan kan? Jadi skemanya datang - menginap- tes- pulang. Jadi nggak ada jalan-jalannya. Tapi waktu pulangnya seru juga, Ngeteng gitu, naik angkot => bis damri => bis ke merak => naik kapal tengah malam => dijemput temen papa di Bakauheni => sampai.
  • Surakarta. 
Okey, saya kuliah disini. Saya belum banyak mengeksplorasi kota ini. Payah ya?
  • Klaten, Boyolali.
 Baru sekali sih. Ke Klaten lebaran haji tahun 2012 tempat Om saya, lalu ke pemandian cokro. Boyolali? Ke tempat mbahku berasal, agak pelosok mungkin dikaki gunung tempatnya.

Okey, jadi baru itu.  Doakan saya terus bertambah. Untuk detail yang pernah saya kunjungi, mungkin akan saya tulis sambil mengolah memori *))

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram