Apa tujuan hidup ini?

September 02, 2014

Pernah nggak kamu bertanya ke diri kamu sendiri, apa tujuan hidup ini?


Kalau belum, cobalah tanya. Beruntunglah kalau kamu langsung menemukan jawaban.
Saya sering banget bertanya, tapi bukan jawaban yang saya dapat, namun pertanyaan-pertanyaan lain. Entahlah, saya terlalu bodoh atau belum dewasa untuk bisa menjawabnya.
Untuk apa manusia hidup?
Di pelajaran agama saya, dikatakan bahwa manusia hidup sebagai khalifah. Manusia sebagai pengelola bumi. Karena saya percaya dengan agama yang saya anut, saya yakin bahwa tujuan saya hidup untuk menjadi mengelola dan menjaga bumi ini. Saya juga mendapat jawaban bahwa saya hidup untuk menjadi hamba Allah.Dan kalaupun hidup ada perjalanan hingga berhenti, dan di suatu masa ada 'kado' surga dan neraka, saya percaya semua orang tidak ada yang masuk neraka. Surga sudah pasti jadi tujuan setiap orang, pembunuh keji sekalipun.

Tapi saya merasa jawaban itu terlalu general untuk saya. Saya ingin jawaban yang lebih detail dari diri saya. Ketika saya tanya tujuan hidup ini, ketika itu pula saya mempertanyakan akan jadi akan saya setelah lulus nanti. Akan kemana saya setelah ini. Untuk siapa dan mengapa saya harus hidup, sampai ke pertanyaan nggak penting seperti kalau hidup itu pilihan apa mati juga begitu.
Sebuah lagu yang saya dengar bicara bahwa semua orang punya satu peranan dalam hidup. Itulah yang saya tanyakan, peran apa yang saya dapatkan di dunia ini. Dan meski saya tidak tahu apa peran saya, saya percaya bahwa setiap manusia punya peran di dunia ini.
Penjambret punya peranan agar kita lebih hati-hati dengan barang bawaan di jalan. Guru punya peranan dalam pendidikan. Anak jalanan punya peranan menyadarkan kita yang jarang bersyukur. Saya percaya, saya punya peranan di dunia ini.

Aduh... saya jadi bingung sendiri.

Selama saya belum tahu tujuan hidup saya sendiri, saya akan berusaha menjalani hidup dengan baik. Menjadi anak yang berbakti mungkin adalah tujuan hidup saya untuk keluarga saya karena saya tidak mengerti tujuan untuk saya sendiri. Akan kemana hidup ini? Apa yang saya cari di hidup ini? Apa yang saya inginkan dalam hidup saya? Dan pertanyaan lain yang menggumbal biarlah menjadi pertanyaan. Kadang kita perlu berjalan untuk menemukan jawaban, dan kadang tidak semua pertanyaan punya jawaban atau pertanyaan memang bisa dijawab dengan sejuta pertanyaan lain.


You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram