Aku tahu.

Desember 19, 2014

Aku benar-benar tahu, bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Bahwa sebaik apapun kita, pasti ada orang yang tidak menyukai kita. Apalagi kalau kita buruk.
Aku tahu, kita tidak bisa menyenangkan semua orang, tapi aku lebih tahu bahwa itu bukan berarti kita tidak bisa menjadi orang yang menyenangkan. Bukan pula berarti menjadi manusia menyebalkan karena kita tidak bisa menyenangkan semua orang.

Semuanya, berawal dari menyenangkan diri sendiri. Tapi bukan berarti menjadi egois dan melakukan apapun yang penting kita senang. 
Semuanya berawal dari menjadi diri sendiri. Sebab menipu diri dan orang lain agar terlihat menyenangkan adalah kebodohan setolol-tololnya. Memakai topeng adalah wujud pengecut! Apalagi topengnya berlapis-lapis.
Semuanya berawal dari berusaha berperilaku baik. Kita bisa jadi jauh dari definisi orang baik, tapi berusaha berlaku baik adalah penting. Bukan untuk dibilang orang baik, tapi lakukanlah untukmu sendiri. Sebab jika kita baik, kebaikan akan mengikuti kita.

Aku tahu, berdekatan dengan orang menyebalkan membuat hati jadi kesal tak karuan. Maka kita perlu berusaha tidak menjadi menyebalkan, tapi ingat, lakukan apapun dengan tulus, tidak berlebihan dan dibuat-buat. Tidak menjadi menyebalkan juga bukan berarti membuat semua orang menganggap kita baik, sebab mampuslah kita melayani setiap orang agar dibilang baik dan menyenangkan. Sebab definisi baik dan menyenangkan beragam.

Introspeksi diri ketika orang-orang menjauh dari kita karena dicap menyebalkan mungkin perlu. Sebab orang lain kan yang melihat perilaku kita ? Tapi sekali lagi, filter ucapan-ucapan yang masuk. Tidak semua opini orang lain terhadap kita benar, sebagian salah. Maka jangan telan bulat-bulat, atau kita akan tersedak.

Bertemanlah dengan semua orang. Tapi bersahabatlah dengan orang-orang yang membuatmu nyaman dan menerima dirimu apa adanya. Tapi jangan lupa, mentang-mentang definisi teman dekat adalah 'menerima dirimu apa adanya', kamu jadi berlaku seenaknya. Ketahuilah, temanmu pun punya batasan menerima seseorang. Kadang terlalu menyebalkan bisa membuatmu perlahan dijauhkan dan bersiaplah kehilangan jika kamu tak merubahnya.

Aku tahu itu, sebab aku tahu, bagaimana orang-orang menyebalkan selalu ada di manapun kamu berada. Berusahalah tidak menjadi menyebalkan, tapi bukan dengan memaksa diri menjadi menyenangkan. Aku bukan orang yang baik, maka aku buka sok menggurui, aku hanya menuliskan yang ada di kepalaku, begitulah pemikiranku.



19 Desember 2014
Ossy Firstan

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram