Menjahit baju

Desember 24, 2014

Saya jarang membeli baju. Kalaupun ya, yang saya beli adalah celana dan kaos. Selebihnya, saya membeli kain, menggambar sesuka saya (yang untungnya dimengerti tukang jahit), dan membawanya ke tukang jahit. 
Ada banyak alasan kenapa saya lebih suka menjahitkan baju

1. Saya kurang begitu suka dengan baju-baju yang beredar di pasar pada umumnya, kalau ada baju yang saya suka, harganya membuat saya mengelus dada.
2. Saya nggak suka disama-samain. Beli baju apalagi yang barangnya sangat pasaran bikin saya nggak nyaman.
3. Badan saya kurus. Daripada ngabisin 10-15 ribu untuk ngecilin baju, kenapa nggak sekalian saya jahitin baju aja ? 
4. Saya selalu gemes liat kain menggemaskan meskipun nggak membelinya. Setiap liat katalog baju di asos, modcloth, dsb yang ada dipikiran saya bukan membeli mereka, tapi menyimpan gambar-gambarnya, siapa tahu jadi inspirasi.
5. Lebih murah. Ini bagi saya ya. Emang sih tergantung kainnya. Misal kain katun udah lumayan bagus, semeter 22k, 1,5 meter 30ribuan, sama ongkos jahit 25k. total 55k. Ini lebih murah kalau saya beli rayon batik yang harganya belasan semeter tapi masih bagus atau beli kain katun polos atau motif kiloan. Sekilo 60-80 rb. Dan sekilo bisa dapat 6-7 meter. Bisa dapat 4-5 baju. 

Maka saya selalu beli kain dan membawa pulang tiap liburan untuk dijahit. Kadang saya pengin belajar menjahit, saya pikir saya bisa buat baju untuk saya sendiri. Saya bisa mengalihkan budget ongkos jahit ke beli kain lain. Tapi saya nggak yakin. Motorik halus saya buruk. Saya sadar itu. Selain itu saya nggak bisa motong dan menggaris lurus. Tapi saya pengin. Mungkin nanti. Akan saya pikirkan lagi.

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram