Distrakbilitas

Juni 02, 2013

Seharusnya  kutulis ini di blog satunya  , tapi malas sekali menutup blog ini lalu membuka blog itu.
Seharusnya distrakbilitas ini kutulis di makalah tunalaras, tapi  aku sedang malas melihat makalah, Maka akan kuceritakan padamu apa itu distrakbilitas. Anggap saja ini pemanasan sebelum aku menulis makalah tentang ini nanti malam.
"Jadi begini kawan, Cruickshank dan teman-temannya berkata bahwa distrakbilitas adalah ketidakmampuan untuk tidak merespon pada stimulus yang


sebenarnya tidak perlu, misalnya suara di luar kelas, gambar dan sebagainya. Kauffman pada zaman dahulu kala berkata bahwa distrakbilitas adalah kesulitan memusatkan perhatian pada stimulus relevan secara efisien. Dan Bryan mengartikannya sebagai perilaku anak yang tertarik pada hal-hal atau benda-benda selain materi pelajaran yang diberikan guru" 
Jadi apa itu distrakbilitas? Menurutku distrakbilitas adalah gangguan pemusatan perhatian, anak yang mengidap distrakbilitas mudah beralih perhatiannya. Anak tuna laras, tunagrahita dan mereka yang yang berkesulitan belajar sering mengalaminya.
Aku pernah membaca, ada 3 macam distrakbilitas. Sayang sekali situs yang kubaca tak menjelaskan dari mana ia mendapat sumber itu. 3 macam itu adalah distraktiblitas visual,distraktibilitas auditoris dan distraktibilitas internal. 

Mereka yang mengalami distraktiblitas visual, mereka sulit berkonsentrasi karena kosentrasi mereka dialihkan pada benda yang mereka lihat. Mata mereka sering terus-menerus mencari sesuatu yang baru. Salah satu akibatnya adalah mereka sering salah dalam membaca, kadang mereka membaca melompat-lompati kata atau ada baris yang mereka lewatkan? Kenapa demikian? Karena ketika mereka membaca,ada hal lain yang mereka lihat yang lebih menarik dari sekedar membaca.
Lalu ada distrakbilitas auditoris, mereka yang mengalami gangguan ini akan mengalami gangguan pemusatan perhatian jika ada suara yang mengalihkan konsentrasi mereka. Seperti seorang anak yang tidak bisa berkonsentrasi bilang ada suara-suara dari luar kelas mereka.
Dan  yang ketiga adalah distraktiblitas internal dan ini menyebabkan penderita sulit berkonsentrasi karena ada rangsangan dari dalam dirinya sendiri. Rangsangan ini bisa pikiran, ingatan atau asosiasinya sendiri. Lalu apa yang terjadi dengan anak dengan gangguan ini? Yang terjadi adalh mereka akan sulit memusatkan perhatian karena mereka akan suka melamun di kelas dan tidak memperhatikan guru.
 Lalu apa penyebabnya? aku pernah membaca bahwa mungkin penyebab dari distrakbilitas adalah


1.      Faktor genetik terutama pada anak laki-laki
2.      Gangguan pada masa prenatal dan natal
3.      Ibu hamil yang kecanduan alkohol
4.      Akibat trauma kepala
5.      Keracunan timbal, zat pewarna dosis tinggi dalam makanan
6.      Tekanan psikologis seperti tidak mendjapat perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya, sehingga kebutuhan dasar anak tidak terpenuhi.
7.      Faktor psikososial



Kurasa itu dahulu yang akan kusampaikan tentang distrabilitas, semoga makalah itu kelar malam ini.
Selamat membaca semoga berguna XD

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram