20 Alasan Minum Kopi Baik Untukmu

April 11, 2015


Buat sebagian orang, ngopi adalah kegiatan wajib sebab mereka membutuhkan dan menginginkannya. Dulu, ngopi cuma jadi kebiasaan segelintir orang tapi sekarang ngopi sepertinya udah jadi budaya dan gaya hidup. Nggak bermaksud ngomongin alasan orang minum kopi, hari ini aku mau ngasih alasan kenapa sebaiknya minum kopi. Sebab minum kopi itu baik dan menyehatkan. Sebab sering banget tukang ngopi dapat tanggapan seperti," Ngopi itu nggak bagus buat kesehatan," atau "Apa kamu gak takut maag? Sakit perut?". Saya pikir kopi baik dengan catatan, tidak berlebihan. Dan sebenarnya yang merusak benefit kopi adalah campuran di dalamnya seperti gula,krimer, dll. 


Dari berbagai sumber, inilah manfaat kopi yang baik untukmu :
1.       Kaya Antioksidan
Penelitian Nestle Research Center,menyebutkan kandungan antioksidan di dalam kopi termasuk tinggi. Kopi kaya akan asam klorogenat yaitu senyawa campuran asam kafeat dan asam quinat. Zat  yang terbanyak di dalam kopi ini termasuk kelompok  polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Hal serupa diungkapkan oleh Profesor Joe Vision dari Scranton University, Pensylvania, yang bekerja sama dengan Departeman Pertanian AS, bahwa antioksidan  pada kopi lebih tinggi dari beberapa jenis buah.
2. Obat Asma
Profesor Peter Sheperd dari University College, London mengatakan kafein dalam kopi mengandung theophylline cukup banyak. Theophylline biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuat obat asma. Maka bagi penderita asma bisa mengkonsumsi kopi sebagai terapi. 

3.  Menurunkan risiko gangguan depresi pada wanita

Wanita yang minum tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena gangguan depresi. Temuan ini berdasarkan pada laporan pada tahun 2011 di "Archives of Internal Medicine".

4    Meningkatkan daya ingat
 Kopi bisa membantu kita meningkatkan daya ingat. Pada tahun 2005, sebuah penelitian di Radiological Society of North America menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minuman kopi bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek.
 5. Mengurangi risiko kanker payudara
Sebuah temuan di Swedia pada tahun 2008 menemukan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Selain itu, Edward Giovannucci seorang peneliti Harvard dalam penelitiannya yang dipublikasikan di "Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention" menyatakan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah-buahan dan sayuran. 



6. Mau kurus? Minum kopi

kopi bisa membantu kamu  menjaga--atau bahkan menurunkan--berat badan . Para peneliti juga menemukan bahwa biji kopi hijau yang dijadikan sebagai suplemen bisa membantu untuk menurunkan berat badan, yaitu sekitar 17 pon pada wanita gemuk selama 22 minggu. Namun, para peneliti meyakini bahwa yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan bukan kandungan kafeinnya, tapi asam klorogenat yang bisa membantu mengurangi penyerapan glukosa.

 7.  Menurunkan risiko penyakit batu empedu

Peneliti di Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum kopi empat cangkir sehari berisiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu empedu 

 8. Menurunkan risiko diabetes

Harvard University School of Public Health melakukan penelitian yang berlangsung beberapa tahun dan menemukan fakta bahwa wanita yang minum kopi 3-4 cangkir per hari bisa menurunkan 29% risiko diabetes dan 27% bagi laki-laki. Uniknya, minuman lain yang mengandung kafein seperti teh, tidak memberikan proteksi terhadap risiko diabete

9. Menurunkan risiko kanker prostat

Penelitian American Association for Cancer Research Frontiers 2009 menyatakan bahwa peminum kopi (pria) lebih kecil 60% berisiko terkena kanker prostat.

10. Merangsang pertumbuhan folikel rambut

International Journal of Dermatolog Menyatakan bahwa Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pria yang mengalami kerontokan rambut.  


11.  Menurunkan risiko kanker rahim

Pada tahun 2011, peneliti Harvard menemukan bahwa wanita yang minum beberapa cangkir kopi setiap hari memiliki risiko lebih kecil terkena kanker rahim

12. Menurunkan risiko stroke pada perempuan

Menurut sebuah studi Kedokteran Harvard School ( 2009)  Minum kopi dapat menurunkan risiko stroke sebesar 19 persen pada wanita.

13. Mencegah degenerasi saraf terkait penuaan

Sebuah studi ahli saraf di University of Lisbon menemukan bahwa minuman kopi dapat mencegah degenerasi saraf terkait dengan gangguan otak dan penuaan.
 

14. Baik untuk kesuburan pria

Penelitan University of Sao Paulo, Brazil, menemukan bahwa kopi hitam apabila diminum pada pagi hari akan bermanfaat bagi kesuburan pria. Dan Journal of the American at the Society for Reproductive Medicine, Kopi  hitam dapat merangsang sperma pria berenang lebih cepat hal ini secara tidak langsung berdampak baik terkait tingkat kualitas sperma pria.

15. Menurunkan risiko Parkinson

“Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 juga menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

16.meningkatkan metabolisme tubuh

Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

17. Mencegah encok

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

18. Mengurangi risiko bunuh diri

Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan kamu.

19. Menjaga kesehatan hati

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

20. Menangkal kanker kulit

Kopi tidak saja membuat kamu memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker . Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.


 
 

  Jadi gimana? Masih mau bilang kopi nggak baik? Selama nggak berlebihan kopi baik, kecuali untuk kamu yang memang alergi kopi atau perutmu nggak mau terima kopi.
Semua alasan ini ditemukan di :

http://bidanku.com/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan-wanita




http://webkesehatan.com/minum-kopi-juga-dapat-meningkatkan-kesehatan/

gambar : ditemukan di pinterest dan google

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram