Bahagia itu (tidak) sederhana

Oktober 15, 2014

Saya kadang nggak ngerti dengan kiasan "bahagia itu sederhana". Bagi saya bahagia itu adalah hal yang kompleks. Menurut saya, ada serangkaian proses yang terjadi hingga kita berada pada suatu titik bernama bahagia. Ada stimulus dan respon. 

Saya nggak ngerti dengan penggunaan 'bahagia itu sederhana' ketika kamu bisa sampai di Paris dan tersenyum di depan Eiffel. Bagi saya, itu bukan hal sederhana. Bagi orang menengah ke bawah, pergi keluar negeri adalah hal yang jauh dari sederhana.

Mungkin, untuk mencapai sesuatu rasa bernama bahagia, kamu akan melewati proses yang sederhana atau yang tidak sederhana. Dan seperti kesuksesan, bahagia tiap orang relatif. Dan sebuah tes kebahagiaan hanyalah secara umum manusia memandang.

Sebuah kalimat "Bahagia itu sederhana seperti berkumpul bersama keluarga" mungkin akan menjadi hal yang memang sederhana/umum bagi mereka yang memang tinggal bersama keluarga. Tapi bukan perkara sederhana bagi kamu yang merantau.

Bahagia bukan hal yang sederhana. Faktanya, kadang kita menipu diri untuk merasa bahagia. Faktanya, kadang bahagia yang kita rasa adalah semu. Bahagia itu tidak sederhana, tapi berbagai hal sederhana bisa menjadi pemicu kamu bahagia.

Sekian.

You Might Also Like

0 komentar

Jangan ragu untuk berkomentar, kawan!

Popular Posts

My Instagram